Remastering Linux UBUNTU tema Defending


Langkah Langkah Remastering :

1. Update Repository

a.      Langkah pertama yaitu kalian install Ubuntu melalui Virtual Machine  
b.     Setelah terinstall kalian update repository Ubuntu kalian dengan ganti dengan repository local              dari kambing.ui  berikut repository nya’ dengan perintah nano /etc/sources.list hapus semua file          yang ada di dalam sources list dang anti dengan repository kambing.ui 
deb http://kambing.ui.ac.id/ubuntu/ trusty main restricted universe multiverse
deb http://kambing.ui.ac.id/ubuntu/ trusty-updates main restricted universe multiverse 
deb http://kambing.ui.ac.id/ubuntu/ trusty-security main restricted universe multiverse
deb http://kambing.ui.ac.id/ubuntu/ trusty-backports main restricted universe multiverse 
deb http://kambing.ui.ac.id/ubuntu/ trusty-proposed main restricted universe multiverse
c.      Kemudian ctrl+o untuk save 
d.     Setelah itu update dengan ketik perintah “sudo apt-get update” 

2. Install Firewall
Firewall adalah perangkat yang digunakan untuk mengontrol akses terhadap siapapun yang memiliki akses terhadap jaringan privat dari pihak luar. Saat ini, pengertian firewall difahami sebagai sebuah istilah generik yang merujuk pada fungsi firewall sebagai sistem pengatur komunikasi antar dua jaringan yang berlainan.

a.      Untuk installasi firewall kita membutuhkan koneksi internet , ok perintah untuk install yaitu “sudo apt-get install ufw”  
b    -Sebelum kita aktifkan ufw kita ijinkan koneksi yang sah yaitu ssh dengan perintah “sudo ufw allow ssh” makan secara otomatis ssh telah diberi izin oleh ufw 
c.      Anda bisa men allow semua port atau koneksi , seperti HTTP, HTTPS , FTP , Apache , dan lain lain. Jika anda ingin allow Port dengan Specific protocol anda bisa mengetik script berikut “sudo ufw allow 443/tcp” 
d.     Dan setelah itu kita aktifkan dengan perintah “sudo ufw enable” 
e.      Dan untuk mode gui nya kalian bias install dengan perintah “sudo apt-get install gufw” 
f.      Dan untuk cek firewall nya kita ketik perintah “sudo ufw status / sudo gufw status”

3. Install Wireshark
Adalah salah satu dari sekian banyak tool Network Analyzer yang banyak digunakan oleh Network Administrator untuk menganalisa kinerja jaringannya dan mengontrol lalu lintas data di jaringan yang Anda kelola. Wireshark menggunakan interface yang menggunakan Graphical User Interface (GUI).
       a. Untuk cara installasinya cukup mudah kita hanya perlu koneksi internet lalu ketik perintah sudo apt-get install wireshark.
       b.   Karena aplikasi ini bentuknya GUI kita bias monitoring jaringan dan konfigurasinya dengan mode GUI



      4. Install Clamtk
Clamtk merupakan anti virus open source untuk mendeteksi trojan, virus, malware dan serangan-serangan lain. ClamAV ini merupakan standard open source untuk mail gateway scanning software. ClamAv meliputi multi-threade scanner daemon dan juga perintah-perintah command line untuk melakukan scanning dan juga melakukan update secara otomatis. ClamAV mendukung banyak format dari file dan juga berbagai macam file kompresi. ClamAV dapat dijalankan pada Linux, Windows, maupun Mac.
         a.Cara instalasinya kita ketik perintah “sudo apt-get install clamav clamtk”
         b. Untuk melakukan scan virus kita lakukan dengan perintah “clamscan”
        c.Scan directory home untuk semua user kita ketik perintah “sudo clamscan -r /home”
        d.Scan semua file dalam computer dan menampilkan nama-nama file nya dengan perintah “sudo clamscan –r”
e.      Dan scan semua file dan tampilkan nama file yang terinfeksi dan bunyikan bel jika file ada yang terinfeksi dengan perintah “sudo clamscan -r --bell -i /”
f.      Menjalankan clamav sebagai daemon kita install terlebih dahulu dengan perintah “sudo apt-get install clamav-daemon”

5. Install Etherape

Etherape adalah tools untuk memonitor jaringan dengan tampilan grafis, Tools ini dilengkapi dengan kemampuan menghasilkan grafik dari lapisan jaringan, mode IP dan TCP, serta menampilkan kegiatan network (jaringan) secara grafis. Kita dapat memfilter traffic apa saja yang mau ditampilkan secara grafis.

    a. Cara install etherape langkah pertama kita harus mempunyai koneksi internet lalu kita ketik perintah sudo apt-get install etherape tunggu hingga proses sampai selesai. 
    b.  Setelah itu untuk konfigurasinya kita ketik sudo etherape.
  
   6. Remastering
  
   a.      Cara install remastersys kita perlu download file nya di google
   b.     Setelah itu masuk ke directory downloads dengan perintah “cd /Downloads” dan kemudian ekstrak file nya dengan perintah “tar –zxvf remastersys.tar.gz
   c.      Setelah di ekstrak masuk ke directory remastersys dengan perintah “cd remastersys” dan install dengan perintah “sudo dpkg –I *.deb
   d.     Dan setelah itu kita panggil file deb yang akan di install dengan perintah “sudo apt-get install –f”
e.      Setelah install selesai untuk membuka aplikasi nya ketik”sudo remastersys-gtk”

   f.    Setelah itu kita coba remaster dengan klik  setting untuk pembuatan nama dari hasil remastering ini , setelah di setting namanya kita klik menu backup dan tunggu proses selesai ,proses ini memakan waktu yang cukup lama .
    g.     Dan proses remastering berhasil bisa di cek di /home/remastersys/remastersys









Komentar

Postingan populer dari blog ini

CLI Linux

HIMPUNAN