GUI Windows



Pengertian Windows

GUI adalah suatu media virtual yang dapat membuat pengguna memberikan perintah tertentu pada komputer tanpa mengetik perintah tersebut, namun menggunakan gambar yang tersedia. Pengguna tidak mengetikkan perintah seperti pada komputer dengan Shell atau teks. Dengan GUI, perintah dapat dikonversi menjadi ikon dalam layar monitor yang dapat diklik untuk memulai fungsinya. Sebagai contoh, tentu anda paham dengan sebuah ikon berbentuk kertas dengan huruf W diatasnya kan? Itu adalah ikon untuk menjalankan Microsoft Word, sebuah aplikasi yang digunakan untuk mengetik. Atau anda pasti familiar dengan tombol di pojok kiri bawah, yakni tombol bertuliskan Start atau logo Windows itu. Segala sesuatu yang anda lihat di Komputer anda saat ini adalah GUI.

Sejarah singkat mengenai GUI

Pada awal diciptakannya, komputer dijalankan dengan menggunakan perintah yang diketik pada layar monitor menggunakan keyboard. Hal ini berlaku untuk semua program ataupun perintah-perintah tertentu yang berhubungan dengan sistem informasi. Hal ini tentu saja dirasa tidak praktis dan kurang canggih. Selain itu hanya orang-orang tertentu saja yang bisa mengoperasikannya. Oleh karena itu para ahli terdorong untuk dapat menciptakan sesuatu yang dapat digunakan oleh orang kebanyakan dengan cara yang praktis dan mudah diingat.
Akhirnya lahirlah yang disebut dengan GUI atau graphical User Interface. GUI adalah seperangkat aplikasi yang menampilkan semua menu, ikon dan alat penunjuk lainnya yang menggantikan perintah ketik di shell. Hal ini membuat pengguna komputer menjadi lebih mudah mengoperasikan sebuah perangkat daripada mengingat perintah yang menggunakan teks pada sebuah kotak komando tertentu. Hal ini didasarkan bahwa manusia lebih mudah mengingat gambar dibanding tulisan. GUI pertama kali digunakan dalam komputer yang diproduksi oleh Apple yakni Machintosh dengan Steve Jobs sebagai penggagasnya. Namun belakangan sistem operasi lain mengikutinya, seperti misalnya Microsoft dengan GUI Windows-nya yang menjadi tren setter penggunaan start menu dan taskbar di bawah.

Kelebihan Sistem Operasi GUI (Graphical User Interface)

1.      User friendly dan tampilan lebih menarik
2.      Tidak perlu menghafalkan perintah untuk bisa menjalankan sistem operasi
3.      Lebih mudah digunakan


Kekurangan Sistem Operasi GUI (Graphical User Interface)

1.      Membutuhkan spesifikasi perangkat keras yang tinggi telebih pada VGA Card
2.      Performa lebih lambat
3.      Mudah terserang virus

Windows 10 -GUI Basics

Setelah Anda masuk ke layar Windows Desktop, berikut adalah beberapa fitur dasar yang akan Anda lihat.
gambar 4.5. 1 Gui Basics

Salah satu bagian terpenting dari Desktop Anda adalah Taskbar. Secara default, itu duduk di bagian bawah layar Anda memberi Anda akses ke Start Menu, beberapa ikon aplikasi, dan Area Pemberitahuan.
a.      Windows
Di Windows 10, jika aplikasi aktif atau dibuka, Anda akan melihat garis hijau di bawah ikonnya. Mengklik ikon akan memunculkan jendela aplikasi.
b.      Fitur Tiga Tombol
gambar 4.5. 2 Filtur 3 Tombol

Setiap jendela yang terbuka menampilkan tiga tombol di sudut kanan atas. Ini digunakan untuk meminimalkan, memaksimalkan, atau menutup jendela   Meminimalkan berarti bahwa jendela akan bersembunyi di Taskbar.   Memaksimalkan akan membawa jendela ke ukuran layar penuh. Windows dapat dipindahkan atau diubah ukuran sesuai keinginan. Untuk memindahkan jendela, cukup klik pada Title Bar-nya di sisi atas jendela dan seret.Untuk mengubah ukuran jendela, gerakkan mouse Anda ke sudut mana pun hingga Anda melihat panah dua sisi. Kemudian klik dan seret sampai Anda mencapai ukuran yang diinginkan.

c.       Ikon
Sebagian besar versi Windows akan menampilkan ikon berbeda di latar belakang. Ikon hanyalah representasi grafis dari suatu aplikasi atau file. Untuk membuka atau mengakses ikon, cukup klik dua kali ikon itu.
d.      Fitur Ikon Yang Berbeda
gambar 4.5. 3 filtur ikon yang berbeda

Meskipun jumlah dan jenis ikon akan bervariasi, tergantung pada komputer, Anda dapat menambahkan lebih banyak ikon dengan mengikuti langkah-langkah ini .
Langkah 1 - Klik kanan pada Background Desktop.
Langkah 2 - Pilih "Baru" dan "Pintasan".
Langkah 3 - Jelajahi aplikasi atau file yang ingin Anda buat pintasannya.
Langkah 4 - Tetapkan nama untuk pintasan dan klik "Selesai".
Ikon juga dapat dipindahkan dengan mengkliknya dan menyeretnya ke tempat lain di layar.
e.       Latar belakang desktop
Komponen lain dari Desktop Anda adalah Background. Ini hanyalah gambar yang muncul di bagian belakang layar Anda. Sebagian besar komputer memiliki latar belakang yang telah dipilih sebelumnya, tetapi Anda dapat mengubahnya ke gambar apa pun yang Anda inginkan.
Untuk mengubah latar belakang, ikuti langkah-langkah ini  :
Langkah 1 - Klik kanan pada latar belakang dan pilih "Personalisasi".
Personalisasi
gambar 4.5. 4 personalisasi
Langkah 2 - Dari jendela Personalisasi, pilih dari serangkaian gambar yang telah dipilih sebelumnya atau ramban sendiri.
Gambar yang Dipilih Sebelumnya
gambar 4.5. 5 latar belakang

Setelah memilih gambar, Latar Belakang akan berubah secara otomatis.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Remastering Linux UBUNTU tema Defending

HIMPUNAN

CLI Linux