Pengenalan Database

2.1 Pengenalan Tools untuk Pengolahan Database

MySQL adalah open source database yang sangat populer digunakan di dunia. MySQL dapat dengan efektif membantu seorang pengembang dalam mengembangkan aplikasi database dengan performansi yang tinggi.
Jika Apache dan MySQL sudah running, kita dapat memulai operasi database dengan membuka browser (seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Internet Explorer, dan sebagainya), kemudian ketikkan URL: localhost/phpmyadmin/

2.2 Membangun Database Meubeul PT. Baja Karya Utama

Pilih menu Databases yang terletak di pojok kiri atas, sehingga GUI memiliki tampilan sebagai berikut:
Selanjutnya pada kolom Create database, isikan nama database yang ingin kita buat, yaitu perpustakaan. Lalu klik tombol Create.

2.3 Membangun Tabel Login

Isikan nama tabelnya dan isi banyak values.
Setelah semua nama atribut dan tipe datanya diisikan, selanjutnya klik tombol Save.

2.4 Membangun Tabel Admin

Misalkan kita akan membuat tabel baru. Tabel baru tersebut adalah tabel admin yang memiliki 6 atribut, yaitu id_admin, nama_admin, alamat_admin, agama, email, no telepon. Maka berdasarkan gambar sebelumnya, kita isikan admin pada kolom Name, lalu pada Number of columns kita isikan 6. Kemudian klik tombol Go.
Setelah semua nama atribut dan tipe datanya diisikan, selanjutnya klik tombol Save.

2.5 Membangun Tabel Customer

Misalkan kita akan membuat tabel baru. Tabel baru tersebut adalah tabel Customer yang memiliki 5 atribut. Maka berdasarkan gambar sebelumnya, kita isikan Customer pada kolom Name, lalu pada Number of columns kita isikan 5. Kemudian klik tombol Go.
Setelah semua nama atribut dan tipe datanya diisikan, selanjutnya klik tombol Save.

2.6 Membangun Tabel

Misalkan kita akan membuat tabel baru. Tabel baru tersebut adalah tabel PO yang memiliki 5 atribut. Maka berdasarkan gambar sebelumnya, kita isikan PO pada kolom Name, lalu pada Number of columns kita isikan 5. Kemudian klik tombol Go.

klik kirim. tambahkan juga tabel lainnya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

CLI Linux

Remastering Linux UBUNTU tema Defending

HIMPUNAN